Pengertian Partikel, Atom dan Unsur serta Molekul Unsur dan Molekul Senyawa

Berikut ini merupakan pembahasan tentang partikel materi yaitu pengertian atom, pengertian unsur, pengertian partikel materi, pengertian molekul, macam macam molekul, molekul unsur, molekul senyawa.

Pengertian Partikel Materi

Partikel materi merupakan bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat dari materi tersebut. Partikel tidak dapat dilihat dengan mata telanjang . Ada tiga jenis partikel materi, yaitu : atom, molekul dan ion.

Pengertian Atom

Atom merupakan partikel terkecil dari suatu unsur. 
Secara sederhana kita mengambarkan sebuah atom sebagai bola, seperti yang digambarkan Dalton. Berbeda dengan Dalton yang memberi gambar pada setiap bolanya, kita dapat mengambar atom sebagai bola dengan beragam warna dan beragam ukuran.
Penggambaran beberapa jenis atom

Pengertian Unsur

Unsur merupakan zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi unsur lain melalui reaksi kimia biasa. 
Beberapa unsur memiliki partikel penyusunnya berupa atom yang tersusun dalam bentuk kisi kristal tertentu. Unsur yang memiliki partikel penyusun atom biasanya adalah unsur-unsur logam, seperti besi, tembaga, seng, alumunium dan lain-lain.

Atom-atom ini walaupun membentuk satu kristal, tetapi atom tersebut berdiri sendiri. Unsur logam pada tabel periodik unsur ditunjukkan dengan warna hijau.
Gambar: Bentuk Atom dalam susunan kristal

Pengertian Molekul

Molekul merupakan gabungan dari dua atau lebih atom sejenis atau berlainan yang membentuk ikatan kovalen. 

Macam-macam Molekul

Molekul dapat berupa molekul unsur dan molekul senyawa.

1. Molekul Unsur
Molekul unsur merupakan molekul yang terbentuk dari atom-atom sejenis, Molekul tersebut merupakan partikel terkecil penyusun suatu unsur.
Unsur-unsur yang satuan terkecilnya adalah molekul adalah unsur nonlogam, seperti belerang, fosfor, hidrogen, oksigen dan sebagainya. Dalam sistem periodik unsur-unsur nonlogam ditunjukkan dengan warna kuning.
Gambar: Contoh Molekul Unsur

Molekul unsur yang merupakan gabungan dari dua buah atom disebut molekul diatomik. Unsur nonlogam yang membentuk molekul diatomik diantaranya adalah hidrogen, klor, flour, iod, brom.

2. Molekul Senyawa
Molekul senyawa merupakan gabungan dari dua atau lebih atom tidak sejenis.
Contoh molekul senyawa:

- molekul air (H2O)yang terdiri dari 2 atom hidrogen dan oksigen

- molekul metana (CH4) terdiri dari 1 atom karbon dan 4 atom hidrogen

- molekul asam asetat (CH3COOH ) gabungan dari 2 atom karbon, 4 atom hidrogen dan 2 atom oksigen
Gambar: Contoh Molekul Senyawa

Demikian pembahasan tentang Pengertian Partikel, Atom dan Unsur serta Molekul Unsur dan Molekul Senyawa dilengkapi denan penjelasannya secara detail.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel