Pengertian Elektromagnetik dan Penerapan Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini merupakan penjelasan lengkap tentang pengertian elektromagnetik atau pengertian elektromagnet, sifat gelombang elektromagnetik, induksi elektromagnetik, dilengkapi dengan manfaat penerapan elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Elektromagnetik

Elektromagnet merupakan sejenis magnet yang dibuat dengan cara melilitkan kawat pada suatu logam konduktor seperti besi atau baja, kemudian mengalirinya dengan arus listrik. Elektromagnet disebut juga dengan istilah magnet listrik. Elektromagnetik adalah peristiwa berubahnya besi atau baja yang berada didalam kumparan berarus listrik menjadi sebuah magnet.

Di sekeliling kawat penghantar yang berarus listrik terdapat medan magnet. Magnet pun dapat ditimbulkan dengan adanya arus listrik. Hal ini membuat beberapa alat dapat bekerja dengan menggunakan listrik sebagai sumbernya untuk membuat sebuah magnet bekerja.

Arah medan magnet bergantung pada arah arus listrik. Kuat medan magnet di sekitar kawat bergantung pada kuat arus listrik dan jarak suatu titik terhadap kawat. Medan magnet di sekitar kawat penghantar lurus yang dilalui arus listrik berbentuk lingkaran dapat ditentukan dengan aturan tangan kanan
“Bila ibu jari tangan kanan menunjukkan arah arus, maka arah garis gaya magnet sama dengan arah jari yang digenggamkan.”
Elektromagnet mempunyai sifat kemagnetannya makin kuat bila lilitan semakin banyak dan arus listrik makin besar. Kemagnetannya hilang sama sekali bila arus diputus. Kekuatan magnetnya dapat diubah dengan mengubah kuat arus dan kutub-kutub elektromagnet dapat dibalik.

Contoh Penerapan Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari

Elektromagnet yang kuat digunakan untuk mengangkat benda yang terbuat dari besi, seperti rel kereta api, mobil, dan mesin. Benda-benda tersebut ditarik oleh elektromagnet dengan kuat dan tidak akan terlepas sebelum arus diputus.

Selain untuk mengangkat benda yang terbuat dari besi, elektromagnet banyak digunakan dalam alat-alat listrik. Contoh : bel listrik, telepon dan telegraf.

Bel Listrik

Bel listrik memiliki bagian terpenting berupa alat pemutus arus. Bila arus dari baterai A melalui lilitan kawat yang mengelilingi elektromagnet B, maka jangkar besi lunak C akan tertarik. Gaya pegas melekatkan jangkar di D.

Oleh karena jangkar tertarik, kontak antara jangkar dan sekrup S terputus. Inti besi lunak kehilangan sifat kemagnetannya sehingga jangkar menjauh kembali. Kemudian hubungan seperti semula kembali terjadi.
Pengertian Elektromagnetik dan Penerapan Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Skema Kerja Bel Listrik

Inti besi lunak bersifat magnet lagi, jangkar tertarik olehnya dan seterusnya sehingga jangkar melakukan gerakan bolak balik yang cepat. Gerakan bolak balik ini diteruskan kepada sebuah pemukul untuk membunyikan bel.

Telepon

Pesawat telepon terdiri dari pesawat pengirim yang disebut mikrofon dan sebuah pesawat penerima yang disebut telepon. Di dalam mikrofon (M) terdapat sebuah pelat tipis (diafragma) yang dapat bergetar. Di belakang diafragma terdapat serbuk arang. Kawat penghubung mikrofon dilekatkan pada diafragma dan serbuk arang.

Saat suara masuk melalui mikrofon, diafragma akan bergetar dan menyebabkan ruangan di belakangnya membesar dan mengecil secara bergantian.

Perubahan ruang tersebut menyebabkan kerapatan serbuk arang berubah-ubah, sehingga hambatannya pun berubah-ubah. Perubahan hambatan ini yang digunakan mikrofon dalam bekerja.

Di dalam telepon (T) terdapat magnet permanen dengan sejumlah lilitan kawat kecil. Pada jarak 1 mm dari kutub magnet terdapat sebuah yang ditarik oleh magnet permanen sehingga kedukannya cekung.
Pengertian Elektromagnetik dan Penerapan Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Skema Kerja Pesawat Telepon

Saat terjadi perubahan gaya magnet, penarikan terhadap diafragma berubah-ubah dan menyebabkan perubahan kuat arus. Perubahan kuat arus ini diperkuat dengan kumparan induksi sehingga gaya tarik magnet permanen dalam telepon berubah.

Jadi, getaran diafragma mikrofon sama dengan getaran diafragma telepon sehingga terdengar suara yang sama dengan suara yang diucapkan pada mikrofon.

Telegraf

Pada pesawat telegraf terdapat pemancar A dan alat penerima B yang semuanya menggunakan elektromagnet. Ketika kunci Morse A ditekan ke bawah, terjadi suatu rangkaian tertutup melalui kunci kontak alat penerima B.

Oleh karena itu, angker di B ditarik oleh elektromagnet dan sebuah roda kecil R yang dicelupkan dalam tinta menekan pita kertas yang bergerak secara beraturan.
Pengertian Elektromagnetik dan Penerapan Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Skema Kerja Telegraf

Bila kunci Morse ditekan sebentar saja maka dihasilkan sebuah titik. Tetapi, bila kunci Morse ditekan lama dihasilkan sebuah garis sehingga berita-berita dapat disampaikan dengan berbagai macam tanda Morse.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel