Pengertian dan Prinsip Cara Kerja Dinamo (Generator) Listrik

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian dinamo listrik, cara kerja dinamo listrik, pengertian generator listrik, cara kerja generator listrik, prinsip kerja dinamo listrik, dinamo motor listrik, cara membuat generator listrik sederhana, dinamo pembangkit listrik, cara membuat motor listrik sederhana, cara menggulung dinamo, harga dinamo pembangkit listrik.

Pengertian Dinamo (Generator)

Generator (dinamo) merupakan alat yang prinsip kerjanya berdasarkan induksi elektromagnetik. Induksi elektromagnetik banyak digunakan untuk mengubah energi kinetik menjadi energi listrik sepeti dalam dinamo sepeda. Dinamo dibedakan dalam dinamo arus bolak balik dan dinamo arus searah.

Cara dan Prinsip Kerja Dinamo


Dinamo pada dasarnya terdiri dari sebuah kumparan yang berputar dalam medan magnet. Kedua ujung kawat dihubungkan menggunakan dua buah cincin tembaga yang disekat satu sama lain. Pada masing-masing cincin diletakan karbon yang akan menjadi penghubung rangkaian dalam dinamo dengan luar dinamo.

GGL (Gaya Gerak Listrik) yang timbul dari dinamo bersifat bolak balik, sehingga arus yang timbul juga arus bolakbalik. Arus bolak balik atau alternating current sering disingkat sebagai AC.
Pengertian dan Prinsip Cara Kerja Dinamo (Generator) Listrik
Gambar: Generator AC

Dinamo arus bolak balik dapat diubah menjadi dinamo arus searah (DC). Pengubahan dilakukan dengan menggunakan dua cincin belah yang disekat satu sama lain. Cincin belah tersebut disebut komutator.

Komutator antara lain digunakan dalam motor listrik (elektromotor). Arus bolak balik dalam kawat kumparan diubah menjadi arus searah dalam rantai aliran luar.

Ketika AB dan CD berada di depan kutub utara magnet, arus mengalir dari depan ke belakang. Sikat P tetap menjadi kutub positif dan sikat Q menjadi kutub negatif.

Pada saat arus berbalik arah, kedua cincin belah dihubungkan sebentar. Hubungan sesaat itu membuat arus tetap mengalir dari P ke Q. Pada saat arus berbalik arah GGL bernilai nol. Arus searah atau direct current disingkat DC.
Pengertian dan Prinsip Cara Kerja Dinamo (Generator) Listrik
Gambar: Generator DC

Pada motor listrik yang lebih kuat, kumparan yang digunakan lebih banyak lagi. Demikian pula gelanggelang belahnya. Kumparan-kumparan terletak dalam alur-alur silider besi yang berfungsi sebagai jangkar.

Ujung tiap kumparan berakhir pada komutator. Kumparan yang berputar harus dilekatkan sedemkian rupa. Bila salah satu sisi kawat berada di depan kutub utara, sisi kawat yang lain berada di depan kutub selatan.

Semua kumparan diatur sedemikian rupa sehingga terjadi suatu rangkaian tertutup. Dinamo yang berukuran besar disebut generator. Generator AC dapat temukan pada mesin pembangkit listrik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel