Bunyi Hukum Pascal, Rumus dan Contoh Penerapan Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah pembahasan yang masih terkait dengan tekanan pada zat cair yaitu tentang hukum pascal, sebutkan bunyi hukum pascal, rumus hukum pascal, contoh hukum pascal, penerapan hukum pascal, aplikasi hukum pascal, penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari, contoh hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari, soal hukum pascal, prinsip hukum pascal.

Bunyi Hukum Pascal

Mungkin kamu pernah memperhatikan saat seseorang menyiram tanaman dengan menggunakan alat sejenis teko. Air yang keluar ke berbagai arah pada ujung bulatan teko penyiram.

Hal yang sama akan terjadi ketika kamu melubangi plastik pada berbagai tempat lalu kamu masukkan air ke dalamnya dan kamu tekan dari arah atas.

Air memancar ke segala arah akibat tekanan tekanan air saat teko dimiringkan atau akibat tekanan tangan menunjukkan bahwa tekanan bekerja ke segala arah. Fenomena seperti ini yang membuat Pascal menyatakan;
 "Tekanan yang diberikan zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar". 
Pernyataan Pascal tersebut kita kenal dengan Bunyi Hukum Pascal.

Rumus Hukum Pascal


Bila kita tekan permukaan 1 yang memiliki luas permukaan A1 dengan gaya sebesar F1, maka tekanan akan diteruskan oleh zat cair pada permukaan 2. Sehingga tekanan pada permukaan 1 = tekanan pada permukaan 2.
Gambar: Hukum Pascal


Jika kita buat luas permukaan A2 jauh lebih besar dari permukaan A1, maka gaya angkat F2 yang ditimbulkan akan jauh lebih besar.

Sehingga pada alat yang menerapkan Hukum Pascal, bekerja dengan cara memberi gaya kecil pada pengisap kecil dapat dihasilkan gaya yang lebih besar.

Contoh Penerapan Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-hari

Hukum Pascal banyak diterapkan pada pemakaian beberapa alat dalam kehidupan seharihari. Alat teknik yang menerapkan Hukum Pascal, antara lain dongkrak hidrolik, mesin hidrolik pengangkat mobil dan rem piringan hidrolik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel