Contoh Cara Membuat dan Menulis Surat Pembaca

Sebagai pelajar, kalian tentu sering membaca koran atau majalah, bukan? Di sana kalian akan menjumpai rubrik yang berisi keluhan, kritikan, saran, dan sebagainya dari pembaca kepada pihak-pihak tertentu.

Rubrik tersebut disebut sebagai rubrik surat pembaca. Surat pembaca biasanya berisi hal-hal berikut ini.

1. Waktu kejadian

2. Lokasi kejadian

3. Kronologis kejadian

4. Saran dan kritik pada instansi terkait

5. Identitas dan alamat penulis surat
Contoh Cara Membuat dan Menulis Surat Pembaca
Surat Pembaca

Perhatikan contoh surat pembaca berikut!

Penataan Alur di Candi Borobudur

Pada Minggu, 18 November 2007, saya dan keluarga berekreasi ke Candi Borobudur. Kekecewaan saya timbul karena pengelola tidak memberikan petunjuk arah keluar yang jelas. 

Ada tiga petunjuk keluar dan ada tiga pintu keluar, tetapi bila mengikuti pintu keluar tersebut, kita akan masuk ke wilayah blok kios-kios pedagang.

Jika dari kios-kios itu kita bisa langsung keluar, mungkin tidak masalah, tetapi ternyata setelah itu harus mengikuti alur blok kioskios tersebut yang lumayan panjang. 


Setelah melewati blok-blok tersebut ternyata tidak keluar, tetapi masuk lagi ke dalam kawasan Borobudur dan pengunjung harus jalan lagi sekitar 300 meter untuk menuju pintu keluar.


Sebagai objek wisata, sekaligus kebanggaan dunia, seharusnya pengelola Candi Borobudur memberikan petunjuk yang jelas, bukan malah "memaksa" pengunjung melewati kios-kios pedagang untuk keluar. 


Setelah berekreasi dalam kawasan Borobudur tentu pengunjung lelah, jangan dibuat tambah lelah lagi dengan harus berputar-putar dalam blok pedagang.


Setelah saya menanyakan hal itu kepada petugas satpam, dia hanya menjawab ringan, "Ya, Mas, itu kan jalan menuju keluar, bukan jalan keluar." Kemudian petugas satpam yang lain menimpali, "Sudah banyak yang kecewa juga kok, Mas."


Jika sudah banyak yang kecewa mengapa tidak dibenahi? Padahal Candi Borobudur merupakan kebanggaan kita dan banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Dedy Pramono
Jalan Pademangan II, Jakarta
(Sumber: Kompas, 8 Desember 2007)

Keterangan:

1. Warna Merah: berisi tentang waktu dan lokasi kejadian
2. Warna Biru: berisi tentang Kronologi kejadian
3. Warna Hijau: berisi tentang kritik dan saran pada instansi
4. Warna Hitam: berisi tentang identitas dan alamat penulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel