Macam-Macam Gaya Renang Beserta Teknik dan Contohnya

Macam-Macam Gaya Renang Beserta Teknik dan Contohnya - Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air. yaitu dengan cara mengayunkan tangan dan kaki secara berirama.Berenang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air seperti mencari ikan, mandi, atau melakukan olahraga air.

Sejarah Renang 

Manusia sudah mengenal dan berenang sejak zaman prasejarah, bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di “gua perenang” yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir, Mesir barat daya. Catatan tertua mengenai berenang berasal dari 2000 SM. Beberapa di antara dokumen tertua yang menyebut tentang berenang adalah Epos Gilgamesh, Iliad, Odyssey, dan Alkitab (Kitab Yehezkiel 47:5, Kisah Para Rasul 27:42, Kitab Yesaya 25:11), serta Beowulf dan hikayat-hikayat lain. Pada 1538, Nikolaus Wynmann seorang profesor bahasa dari Jerman menulis buku tentang  renang yang pertama kali, Dialog mengenai Seni Berenang  atau Perenang  (Der Schwimmer oder ein Zwiegespräch über die Schwimmkunst).

Perlombaan berenang di Eropa dimulai sekitar tahun 1800- an  setelah dibangunnya kolam-kolam renang di berbagai tempat. Sebagian besar peserta waktu itu berenang lebih cenderung berenang dengan  gaya dada. Pada 1873, John Arthur Trudgen pertama kali memperkenalkan gaya rangkak depan atau disebut gaya trudgen dalam perlombaan renang di dunia Barat. Trudgen menirunya dari teknik renang gaya bebas yang berasal dari suku Indian di Amerika Selatan. Renang merupakan salah satu cabang olahraga yang dilombakan dalam Olimpiade Athena 1896. Pada tahun 1900, gaya punggung dimasukkan sebagai nomor baru dalam cabang perlombaan renang Olimpiade. Persatuan renang dunia, Federation Internationale de Natation (FINA) didirikan  pada 1908. Gaya kupu-kupu yang pada awalnya merupakan salah satu variasi dari gaya dada dan kemudian diterima sebagai suatu gaya renang yang dilombakan tersendiri pada tahun 1952.(wikipedia)

Macam-macam Gaya Dalam Berenang

Dalam renang untuk rekreasi, orang berenang biasanya lebih sering berenang dengan gaya dada, gaya punggung, gaya bebas dan gaya kupu-kupu dan Gaya renang yang dilombakan dalam ajang perlombaan renang adalah gaya kupu-kupu, gaya punggung, gaya dada, dan gaya bebas. 

1. Gaya bebas

Gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke atas permukaan air. Kedua tangan secara bergantian digerakkan jauh ke arah  depan dengan gerakan tangan perenang mengayuh secara bergantian , sementara kedua kaki secara bergantian dikibaskan naik turun ke atas dan ke bawah. Pada saat  berenang gaya bebas, posisi wajah perenang menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari dalam air, saat tubuh pada posisi miring dan kepala berpaling ke samping. Pada saat  mengambil napas, perenang bisa memilih  antara menoleh ke kiri atau ke kanan. gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat bergerak di air karena menggunakan hamper seluruh anggota badan.

Gaya bebas merupakan gaya renang yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar renang  tertentu. Gaya bebas bias dilakukan dengan brbagai macam  gerakan dalam berenang yang bisa membuat perenang dapat melaju di dalam air. Sehingga gerakan dalam gaya renang  bebas bisa di gunakan oleh beberapa orang, baik yang sudah terlatih atau mahir  maupun para pemula.gaya bebas adalah gaya renang yang paling banyak menggunakan anggota seluruh badan badan.

Contoh Gaya Bebas


2. Gaya Dada

Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi.gaya dada adalah gaya renang yang meniru posisi katak ketika sedang berenang. Gaya ini  lebih  lambat dibanding gaya bebas. Namun gaya ini lebih santai, baik  digunakan ketika anda ingin berenang dengan santai di dalam air. Posisi tubuh stabil dan posisi kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang cukup lama. Gaya dada atau gaya katak (gaya kodok) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua kaki mengayun ke arah luar sementara kedua tangan diluruskan kea rah depan depan. Kedua tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga gaya renang ini  disebut gaya katak. Pada saat berenang  Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.

Contoh Gaya Dada

3. Gaya Punggung

Gaya berenang yang ketiga dalah gaya punggung.gaya punggung adalah gaya renang  yang paling berbeda dan sangat unik karena gaya renang yang satu ini menggunakan bagian belakang badan yaitu punggung bukan depan seperti renang bebas dan gaya dada.pada saat seseorang berenang dengan menggunakan gaya punggung, orang berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Posisi wajah perenang berposisi  di atas permikaan  air sehingga orang mudah untuk bernapas. Namun perenang hanya dapat melihat atas saja dan tidak bisa melihat ke arah  depan. Sewaktu berlomba, perenang harus bisa memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.

Dalam gaya punggung, gerakan lengan tangan dan kaki serupa dengan gaya bebas pada saat di ayunkan , namun dengan posisi tubuh tidak menghadap ke arah air melainkan  telentang di permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian diayunkan bergerak menuju pinggang. Dengan posisi wajah berada  di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.

Ketika  berlomba, lomba renang gaya punggung berbeda dari sikap start (memulai) perenang gaya bebas, gaya dada, dan gaya kupu-kupu yang semuanya dimulai  di atas balok start, perenang gaya punggung melakukan start di dalam kolam renang . Perenang menghadap ke arah dinding kolam dengan kedua tangan memegang besi pegangan. Kedua lutut ditekuk di antara kedua lengan, sementara kedua telapak kaki bertumpu di dinding kolamrenang.

Gaya punggung adalah gaya berenang yang sudah lama dikenal orang . renang gaya punggung pada awalnya  diperlombakan di Olimpiade Paris 1900, gaya punggung merupakan gaya renang yang paling lama  yang diperlombakan setelah gaya bebas.

Contoh Gaya Punggung


4. Gaya Kupu-kupu

Gaya kupu-kupu adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke arah  permukaan air. Kedua lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sementara kedua  kaki secara bersamaan mengayun ke bawah dan ke atas  air hampi mirip seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba yang sedang berenang. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul keatas permukaan air, dan udara dihirup melalui mulut ketika kepala berada di luar air. Gaya kupu-kupu pertama kali diciptakan pada tahun 1933, dan merupakan gaya berenang paling baruatau termuda. Berbeda dari renang gaya lainnya,

Contoh Gaya Kupu- kupu

Itulah sekilas penjelasan tentang Macam-Macam Gaya Renang Beserta Teknik dan Contohnya, semoga artikel ini  bermanfaat bagi anda. Kami mohonkan untuk dapat memberikan kritik dan saran kepada kami sehingga nantinya dapat menjadikan kami lebih baik dan terus belajar menjadi yang terbaik.terimakasih

Baca juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel