Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom

Berikut ini adalah pembahasan tentang klasifikasi makhluk hidup yang meliputi Klasifikasi Makhluk Hidup, klasifikasi lima kingdom, klasifikasi 5 kingdom, pengelompokan makhluk hidup, sistem klasifikasi makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup 5 kingdom.

Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom

Pada 1969, ilmuwan Biologi R. H. Whittaker, membagi makhluk hidup menjadi lima kingdom, yaitu kingdom monera, protista, fungi, plantae, dan animalia. Sistem ini banyak digunakan para ilmuwan biologi.

Pembagian lima kingdom ini didasarkan pada susunan sel dan cara hidup dalam pemenuhan kebutuhan makanan. Klasifikasi tersebut adalah sebagai berikut.

a. Kingdom Monera

Ciri-ciri monera adalah;
  1. uniseluler (bersel tunggal), 
  2. sel prokariotik (tidak memiliki membran inti), dan 
  3. memiliki reproduksi secara aseksual.

Macam-macam Kingdom Monera

Yang termasuk bagian dari kindom monera adalah;

1) Bakteri

Baca selengkapnya: Macam-macam jenis bakteri beserta contohnya lengkap


2) Ganggang hijau biru (Cyanobacteria)

Cyanobacteria tidak semuanya bersel satu (uniseluler). Cyanobacteria memiliki klorofil sehingga mampu berfotosintesis dan menghasilkan oksigen.

Tempat hidup Cyanobacteria di danau, laut, sungai, rawa, batu, tanah, di air dengan suhu yang tinggi, maupun di air dengan tingkat keasaman tinggi (pH = 4). Contohnya, Spirulina (dapat digunakan sebagai sumber makanan yang kaya protein).

b. Kingdom Protista

Ciri-ciri protista adalah eukariotik (mempunyai membran inti), uniseluler atau multiseluler (bersel banyak), dan autotrof atau heterotrof.

Baca selengkapnya: Macam-macam jenis protista beserta contohnya lengkap

c. Kingdom Fungi

Ciri-cirinya adalah eukariot, memiliki dinding sel, tidak memiliki klorofil, uniseluler atau multiseluler, hidup heterotrof (saprofit, parasit, dan mutual).

Fungi hidup di tempat-tempat lembap, air laut, air tawar, di tempat yang asam dan bersimbiosis dengan ganggang membentuk lumut kerak (lichenes).

Reproduksi secara aseksual menghasilkan spora, kuncup, dan fragmentasi. Sedangkan, secara seksual dengan zigospora, askospora, dan basidiospora.

Baca selengkapnya: Macam-macam jenis fungi beserta contohnya lengkap

d. Kingdom Plantae

Kingdom plantae atau tumbuhan adalah istilah untuk organisme yang memiliki ciri eukariotik dan multiseluler. Selain itu, organisme ini mampu melakukan fotosintesis untuk menghasilkan makanan karena memiliki klorofil.

Baca selengkapnya: Klasifikasi kingdom plantae beserta macam-macam contohnya lengkap

e. Kingdom Animalia

Animalia atau hewan merupakan organisme multiseluler, bersifat heterotrof, organisme yang aktif. Kingdom animalia dibagi ke dalam dua kelompok berdasarkan ada tidaknya tulang belakang, yaitu:

1) Avertebrata

Avertebrata merupakan kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Baca selengkapnya: Klasifikasi hewan invertebrata (avertebrata) beserta contohnya lengkap

2) Vertebrata

Kelompok hewan ini memiliki tulang belakang, rangka dalam, rongga tubuh, sistem pernapasan, pencernaan, peredaran darah, ekskren, saraf, alat reproduksi terdiri dari kelamin jantan dan betina.

Vertebrata terdiri atas:
  1. Pisces (ikan), contoh: ikan louhan.
  2. Amphibia, contoh: katak.
  3. Reptilia, contoh: komodo.
  4. Aves (burung), contoh: penguin.
  5. Mamalia, contoh: kera.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel