Cara Menghitung Operasi Perkalian dan Pembagian pada Bilangan Pecahan beserta Contohnya

Berikut ini merupakan pembahasan tentang operasai hitung pada pecahan yaitu perkalian pecahan dan pembagian pecahan, perkalian pecahan campuran, cara perkalian pecahan, cara pembagian pecahan, perkalian bilangan pecahan, cara mengalikan pecahan, cara menghitung perkalian pecahan, contoh perkalian pecahan, contoh soal perkalian pecahan, contoh pembagian pecahan dan contoh soal pembagian pada pecahan.

Operasi Hitung Pada Pecahan

Diantara operasi hitung pada bilangan pecahan adalah penjumlahan pecahan, pengurangan pecahan, perkalian pecahan, pembagian pecahan dan perpangkatan serta akar pecahan.

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara fokus tentang operasi hitung perkaliang pada pecahan dan pembagian pada pecahan dilengkapi dengan contohnya masing-masing.

Perkalian Bilangan Pecahan Biasa dan Campuran

Misalkan di rumahmu ada taman, 1/2 bagian dari taman itu ditanami rumput manis, 1/3 bagian yang tidak ditanami rumput, ditanami kembang.

Apabila taman yang ditanami kembang dibandingkan dengan taman keseluruhan, dapatkah kamu mengetahui berapa bagian taman yang ditanami kembang? Perhatikan gambar di bawah ini.
Gambar: Ilustrasi Perkalian Pecahan

Dari gambar di atas terlihat bahwa taman yang ditanami kembang dibandingkan dengan taman keseluruhan adalah 1/6 bagian.

Secara umum dituliskan:


Contoh Perkalian Pecahan Biasa


Contoh Perkalian Pecahan Campuran

Pada perkalian pecahan jika terdapat pecahan campuran, maka yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengubah bentuk pecahan campuran tersebut menjadi bentuk pecahan biasa.


Sifat-sifat perkalian pada bilangan pecahan sama dengan sifat-sifat perkalian pada bilangan bulat, yaitu:
1. a x b = b x a 
2. (a x b) x c = a x (b x c) 
3. a x (b + c) = (a x b) + (a x c)
Untuk perkalian bilangan pecahan campuran berlaku:


Pembagian Bilangan Pecahan Biasa dan Campuran

Pada operasi hitung bilangan bulat kamu telah mempelajari bahwa operasi pembagian merupakan kebalikan dari operasi perkalian. Demikian juga bahwa pada pembagian bilangan pecahan.

Contoh Pembagian Pecahan

Perhatikanlah contoh-contoh di bawah ini:


Dari contoh-contoh di atas pembagian bilangan pecahan dapat dirumuskan sebagai berikut.


Demikian pembahasan lengkap tentang perkalian pecahan, pembagian pecahan, contoh perkalian pecahan dan contoh pembagian pecahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel