Pengertian Tabel, Grafik atau Diagram serta Cara Mengubah Sajian Tabel, Grafik atau Diagram menjadi Teks Narasi

Pengertian Tabel, Grafi atau Diagram

Dalam suatu wacana, tabel atau diagram berfungsi memperjelas uraian. Melalui tabel atau diagram, kamu dapat menemukan informasi secara cepat, lengkap, dan jelas.


Apa pengertian tabel atau diagram? Tabel merupakan bentuk menyajikan informasi berisi ikhtisar suatu informasi. Data yang disajikan dalam tabel berupa kata-kata dan bilangan yang disusun secara rapi dan sistematis dalam lajur dan deret tertentu. Adapun diagram merupakan gambaran naik turunnya suatu keadaan yang menggu-nakan garis atau gambar.

Contoh Tabel

Bacalah tabel berikut dengan saksama!

Tabel Jenis kegemaran siswa kelas VII
SMP Bina Bangsa Ujung Pandang
Pengertian Tabel, Grafik atau Diagram serta Cara Mengubah Sajian Tabel, Grafik atau Diagram menjadi Teks Narasi
Gambar: Contoh Tabel

Mengubah tabel atau diagram menjadi narasi

Narasi merupakan salah satu cara menceritakan atau menyajikan serangkaian peristiwa atau kejadian atau bagaimana peristiwa berlangsung yang disusun berdasarkan kronologinya. Jika dalam tabel dituliskan dengan angka, maka narasi diuraikan dengan rangkaian kalimat sesuai dengan urutan waktu suatu peristiwa.

Contoh teks narasi

Dengan demikian, tabel jenis kegemaran siswa kelas VII tersebut dapat diubah dalam bentuk narasi berikut.

Untuk menyalurkan bakat dan minat siswa kelas VII SMP Bina Bangsa, telah dibagikan kepada siswa berupa formulir identitas guna mengetahui kegemaran tiap siswa. Dari formulir tersebut diperoleh data sebagai berikut.

Siswa kelas VII SMP Bina Bangsa Ujung Pandang rata-rata gemar akan bola basket. Hasil angket yang dibagikan menunjukkan sebanyak 10 siswa di kelas VIIA, 15 siswa di kelas VIIB, dan 17 siswa di kelas VIIC mengisi data dengan kegiatan tersebut. Adapun seni peran menduduki peringkat kedua. 

Bidang seni lukis juga banyak diminati. Selanjutnya, seni tarik suara dan seni tari juga menjadi kegemaran pilihan. Melihat hasil angket secara keseluruhan, diharapkan bagian kesiswaan memiliki program untuk mendukung dan menyalurkan kegemaran para siswa. Hal ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk menyalurkan bakat dan minat, khususnya di bidang olahraga dan kesenian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel