Pengertian Kromosom dan Jumlah Kromosom pada Manusia

Inti pembahasan kali ini adalah tentang Kromosom dan Gen; struktur Kromosom, mutasi kromosom, sifat-sifat gen, komposisi kromosom, kelainan kromosom pada manusia, pewarisan sifat pada makhluk hidup, kromosom x dan kromosom y.


Pewarisan sifat pada makhluk hidup

Banyak sifat yang dimiliki makhluk hidup yang menurun dari induk kepada keturunannya, sehingga sifat orang tua dapat muncul pada anaknya atau bahkan sifat-sifat tersebut muncul pada cucunya. 

Dahulu kala, ada anggapan bahwa penurunan sifat pada manusia penurunannya melalui darah. 

Namun anggapan itu keliru, terbukti walaupun seseorang menerima darah dari orang lain, sifat dari orang yang memberi darah tersebut tidak menurun kepada orang yang menerima darah tersebut. 

Lalu di manakah tersimpan faktor pembawa keturunan tersebut?

Kromosom: pewaris sifat keturunan

Tiap spesies memiliki ciri-ciri tertentu yang spesifik yang hampir sama dari generasi ke generasi, bahkan ciri ini ada sejak dulu kala. 

Misalnya hewan gajah mempunyai telinga yang lebar, mempunyai gading, tubuhnya besar, dan mempunyai belalai. 

Ciri gajah tersebut sudah ada sejak gajah purba. Jadi ada ciri-ciri atau sifat-sifat makhluk hidup yang diturunkan dari generasi ke generasi atau diturunkan dari induk kepada anaknya.

Sel ini memiliki inti sel atau nukleus, pada inti sel terdapat jalinan seperti benang halus yang disebut kromosom. Kromosom inilah yang merupakan pembawa sifat keturunan. 

Di sepanjang kromosom terdapat gen yang merupakan penentu sifat keturunan suatu makhluk hidup. Jadi baik kromosom maupun gen sama pentingnya dalam penurunan sifat.

Macam-macam kromosom

Berdasarkan fungsinya, kromosom dibedakan menjadi dua tipe, yaitu:

1. Kromosom Tubuh (AutosomYaitu kromosom yang menentukan ciri-ciri tubuh.

2. Kromosom Kelamin (GonosomYaitu kromosom yang menentukan jenis kelamin pada individu jantan atau betina atau pada manusia pria atau wanita. 

Misalnya: pada kromosom lalat buah (Drosophila melanogaster) memiliki 4 pasang kromosom, terdiri atas 3 pasang autosom dan 1 pasang gonosom.

Jumlah kromosom pada Manusia

Jumlah dan bentuk kromosom pada setiap sel tubuh spesies makhluk hidup adalah tertentu.
Pengertian Kromosom dan Jumlah Kromosom pada Manusia
Bagan Jumlah Kromosom Manusia

Misalnya pada manusia pada setiap sel tubuhnya terdapat 46 buah kromosom atau 23 pasang kromosom. 46 kromosom tersebut berasal dari ayah sebanyak 23 buah dan berasal dari ibu 23 buah. 

Jadi walaupun seorang anak mirip ayahnya tetap saja setengah dari jumlah kromosom tubuhnya berasal dari ayah dan setengah dari ibu.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel