Pengertian dan Tujuan Pidato

Informasi-informasi penting dapat kalian peroleh melalui berbagai macam media dan dengan cara yang berbeda-beda. Jika kalian mencari informasi melalui media cetak, kalian harus melakukan kegiatan membaca.

Jika melalui media elektronik, kalian harus melakukan kegiatan mendengarkan. Mendengarkan di sini dapat berupa mendengarkan sebuah pidato dan akhirnya dapat menemukan hal penting dan pesan dalam pidato.

Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam sebuah pidato adalah:

1. topik pidato,

2. permasalahan yang diuraikan dalam pidato,

3. sebab-sebab timbulnya permasalahan, dan

4. solusi yang diberikan pembicara.

Pengertian Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. 
Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. 
Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum dengan menggunakan susunan kata yang baik.
Seperti yang telah kalian ketahui, pidato adalah kegiatan mengungkapkan pikiran secara lisan di hadapan orang banyak. Seseorang yang berbicara tentu mempunyai tujuan tertentu.

Tujuan Pidato

Berikut ini beberapa tujuan penyampaian pidato.
Pidato Soekarno Membakar semangat Juang Rakyat Indonesia

1. Memotivasi

Pidato dikatakan memotivasi jika pembicara berusaha memberikan semangat, membangkitkan kegairahan atau menekan perasaan yang kurang baik, serta menunjukkan rasa hormat dan pengabdian.

2. Memersuasi

Pidato dikatakan memersuasi jika pembicara berusaha memengaruhi keyakinan atau sikap mental para pendengar.

3. Melakukan tindakan

Pidato dikatakan mempunyai tujuan melakukan tindakan jika pembicara dalam berpidato menghendaki pendengar untuk bertindak sesuatu.

4. Menginformasikan

Pidato dikatakan menginformasikan jika pembicara ingin memberitahukan atau menyampaikan sesuatu kepada pendengar agar mereka bertambah pengetahuannya.

5. Menghibur

Pidato dikatakan menghibur jika pembicara ingin menggembirakan orang yang mendengar pembicaraannya atau menimbulkan suasana gembira pada suatu pertemuan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel