Pengertian Adaptasi dan Macam-macam Jenis Adaptasi pada Makhluk Hidup

Pembahasan pada materi ini adalah tentang salah satu faktor untuk mempertahankan kelangsungan hidup organisme, yaitu adaptasi.

Melalui materi ini akan dijelaskan secara lengkap tentang macam-macam adaptasi makhluk hidup; adaptasi tingkah laku pada hewan; contoh adaptasi morfologi pada tumbuhan; contoh adaptasi tingkah laku pada tumbuhan; contoh adaptasi fisiologi pada tumbuhan dan hewan; contoh adaptasi morfologi pada manusia dan hewan.

Pengertian adaptasi

Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Macam-macam Adaptasi

Ada banyak bentuk adaptif tubuh makhluk hidup supaya dapat bertahan hidup, bentuk adaptif ini dapat berupa struktur tubuh, warna tubuh, fungsi alat tubuh dan lain-lain, yang semuanya bertujuan untuk membantu bertahan hidup.

Walaupun ada banyak cara makhluk hidup untuk beradaptasi tetapi secara garis besar adaptasi dibedakan menjadi 3 yaitu: adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku.

Pengertian Adaptasi dan Macam-macam Jenis Adaptasi pada Makhluk Hidup
Bagan (Skema) macam-macam adaptasi makhluk hidup

1. Adaptasi Morfologi

Adaptasi morfologi adalah penyesuaian diri bentuk tubuh atau alatalat tubuh sehingga sesuai dengan lingkungannya. Adaptasi morfologi ini mudah kita amati pada hewan ataupun pada tumbuhan.

2. Adaptasi Fisiologi

Adaptasi fisiologi adalah cara penyesuaian diri fungsi alat-alat tubuh atau kerja alat-alat tubuh terhadap lingkungannya.

Adaptasi ini tidak mudah diamati seperti pada adaptasi morfologi, karena menyangkut fungsi alat-alat tubuh dan proses kimia yang terjadi di dalam tubuh.

3. Adaptasi Tingkah Laku

Adaptasi tingkah laku adalah cara penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya dalam bentuk tingkah laku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel