Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri-ciri dan Contohnya

Pada pembahasan sebelumnya telah disinggung tentang pengertian pasar dan fungsinya, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang pengertian pasar persaingan sempurna, ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan contoh pasar persaingan sempurna serta kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna.

Pasar Menurut Bentuk dan Strukturnya

Pasar menurut struktur dibedakan menjadi empat macam yaitu pasar persaingan sempurna, monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna disebut juga pasar persaingan murni adalah pasar di mana terdapat banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar.

Atau dapat pula diartikan bahwa pasar persaingan sempurna adalah pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak, sehingga tidak ada satu pun penjual atau pembeli yang bisa mempengaruhi harga.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna

Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri berikut ini.
1) Banyak penjual dan pembeli.
2) Barang yang diperjualbelikan sejenis (homogen).
3) Penjual maupun pembeli memiliki informasi yang lengkap tentang pasar.
4) Harga ditentukan oleh pasar.
5) Semua faktor produksi bebas masuk dan keluar pasar.
6) Tidak ada campur tangan pemerintah.
Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri-ciri dan Contohnya
Gambar: Contoh pasar persaingan sempurna

Contoh pasar persaingan sempurna 

Contoh pasar persaingan sempurna diantaranya adalah pasar hasil-hasil pertanian, pasar sayur, pasar kurma, pasar buah dan lain-lain.

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna.

Berikut ini adalah Kelebihan pasar persaingan sempurna:

- Pada pasar persaingan sempruna tidak tampak kegiatan saling menyaingi antarpembeli.

- Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar, karena harga pasar adalah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.

- Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.

- Tidak mungkin mengugah bentuk barang untuk membuat pasar karena adanya homogenitas barang.

- Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa, karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.

- Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapapun.

Kelemahan pasar persaingan sempurna

Selain mempunyai beberapa kebaikan, pasar persaingan sempurna mempunyai beberapa kelemahan sebagai berikut:

- Tidak mendorong inovasi. Di dalam pasar persaingan sempurna teknologi dapat dicontoh dengan mudah oleh perusahaan lain.

- Membatasi pilihan konsumen, karena barang yang dihasilkan perusahaan-perusahaan adalah seratus persen sama, sehingga membuat konsumen mempunyai pilihan yang terbatas untuk menentukan barang yang akan dikonsumsinya.

- Distribusi pendapatan yang tidak merata/ tidak seimbang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel