Pengertian dan Contoh Paragraf Deskriptif (Deskripsi)

Pembahasan ini sebenarnya melengkapi pembahasan lain yang berkaitan dengan macam-macam paragraf, seperti paragraf persuasi, paragraf argumentasi, paragraf eksposisi dan paragraf narasi.

Artikel ini akan membahas tentang pengertian paragraf deskriptif (pengertian paragraf deskripsi), dan contoh paragraf deskripsi atau deskriptif.

Pengertian paragraf deskripsi

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, deskripsi berarti pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Kata deskripsi berasal dari bahasa Inggris, yaitu verba to describe yang artinya menguraikan,
memerikan, atau melukiskan. Paragraf ini bertujuan memberi kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan tempat, atau peristiwa yang ingin disampaikan penulis. Umumnya, gambaran tersebut diberikan secara visual.

Paragraf Deskripsi adalah tulisan atau karangan atau paragraf yang bertujuan melukiskan atau menggambarkan suatu objek apa adanya sehingga pembaca juga bisa melihat, mendengar, merasakan, dan mencium segala sesuatu sesuai dengan apa yang dipaparkan penulisnya.

Objek yang dilukiskan bisa manusia, lingkungan/alam sekitar, binatang, tumbuhan, dan sebagainya. Oleh karena itu, deskripsi disebut juga sebagai hasil observasi (pengamatan) melalui pancaindra yang diungkapkan dengan kata-kata.

Pola pengembangan paragraf deskriptif biasa digunakan agar pembaca benar-benar bisa merasakan dan melihat tempat yang dideskripsikan secara langsung. Hal ini tentunya menuntut kepiawaian penulis dalam menggambarkan suasana dan objek yang dilihat atau dialami.

Adapun hal-hal yang harus Anda perhatikan saat menulis paragraf deskriptif adalah sebagai berikut.
1. Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan. Misalnya, keadaan lingkungan tempat Anda tinggal sekarang.
2. Menyusun kerangka karangan.
Pengertian dan Contoh Paragraf Deskriptif (Deskripsi)
Gambar: Contoh Paragaraf Deskriptif (deskripsi)

Contoh paragraf deskripsi

Lapangan sekolah kami berada tepat di tengah-tengah gedung sekolah. Di setiap sisi lapangan terdapat taman-taman kecil dengan aneka bunga dan tumbuhan lainnya. Lapangan tersebut berukuran setengah 100 x120 meter. Lumayan luas, bukan? Selain untuk upacara penaikan bendera, kadang kami menggunakan lapangan tersebut untuk bermain basket atau sepak bola. Di sebelah utara, tepatnya di dekat kelas kami, terdapat tiang bendera. Adapun di sebelah timur dan barat terdapat ring basket. Di bagian-bagian tertentu ada lubang yang berguna sebagai pancang tiang untuk net voli atau net sepak takraw.

Demikian Artikel yang membahas tentang pengertian paragraf deskriptif (pengertian paragraf deskripsi), dan contoh paragraf deskripsi atau deskriptif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel