Interaksi Antar Komponen Biotik Dan Abiotik beserta Contohnya

Komponen biotik dan abiotik merupakan komponen penyusun ekosistem. Pada pembahasan kali ini kita akan menjelaskan tentang pola interaksi antar komponen biotik dan abiotik serta contoh interaksi antar komponen biotik dan abiotik.

Di beberapa ekosistem, makhluk hidup dominan yang hidup di dalamnya memengaruhi faktor abiotik ekosistem. Tumbuhan kadang-kadang menjadi salah satu bagian yang menciptakan/ membentuk kondisi fisik ekosistem.

Interaksi antar Komponen Biotik dan Abiotik

Manusia, hewan, dan tumbuhan sebagai komponen biotik ekosistem dapat memengaruhi komponen abiotik atau kondisi fisik lingkungan.

Dapatkah kamu memberi contoh kegiatan manusia yang memengaruhi komponen abiotik? Diantara kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi komponen abiotik adalah efek rumah kaca yang mempengaruhi suhu global akibar pembangunan yang pesat, penebangan hutan yang mengakibatkan kadar air tanah berkurang dan lain-lain.
Interaksi Antar Komponen Biotik Dan Abiotik beserta Contohnya
Gambar: Komponen biotik yang mempengahui komponen biotik di hutan

Tumbuhan juga mampu memengaruhi lingkungan abiotik. Banyaknya tumbuhan di lereng bukit menyebabkan udara di sekitarnya terasa segar. Hal itu disebabkan, tumbuhan menghasilkan oksigen. Tumbuhan juga memengaruhi kondisi air dan tanah.
,
Hewan yang mampu memengaruhi keadaan tanah, misalnya cacing. Cacing menggemburkan tanah dan menyebabkan tanah berongga berisi udara yang bermanfaat bagi pernapasan akar tumbuhan.

Komponen abiotik juga mampu memengaruhi manusia, hewan, dan tumbuhan sebagai komponen biotik. Apa yang terjadi, jika mineral-mineral dalam tanah tidak cukup memenuhi kebutuhan tumbuhan?

Udara yang mengandung banyak unsur yang diperlukan oleh komponen-komponen biotik seperti tumbuhan, hewan dan manusia untuk bernafas.

Air juga banyak mengandung mineral-mineral yang sangat diperlukan oleh kelangsungan hidup tumbuhan (misalnya dalam proses fotosintesis), hewan dan manusia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel