Sifat-sifat Limas Segitiga dan segiempat

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas tentang pengertian limas dan jenis-jenis limas, serta unsur-unsur limas. Pada kesempatan ini akan melanjutkan pembahasan tentang sifat-sifat limas.

Sifat-sifat limas ini sebenarnya hampir mirip pembahasannya dengan unsur-unsur limas, hanya sedikit berbeda. Dimanakan perbedaannya? Silahkan simak pembahasan berikut ini!

Sifat-sifat limas segitiga

Untuk beberapa bentuk limas tertentu, misalnya limas segitiga atau limas segi empat, mimiliki beberapa sifat yang perlu untuk diketahui. Untuk lebih mamahami tentang sifat-sifat limas pada limas segitiga dan limas segiempat, silahkan perhatikan gambar berikut ini dengan seksama!

Sifat-sifat Limas Segitiga dan segiempat
Gambar: Limas segitiga dan segi empat

Pada gambar limas segitiga di atas (a) menunjukkan sebuah limas segitigga D.ABC. Pada gambar limas segitiga tersebut, semua sisi-sisi limas tersebut berbentuk segitiga.

Pada limas segitiga D.ABC tersebut di atas memiliki 4 (empat) buah sisi yang berbentuk segitiga, yaitu;
- Sisi ABC berbentuk segitiga
- Sisi ABD berbentuk segitiga
- Sisi BCD berbentuk segitiga
- Sisi ACD berbentuk segitiga

Jika pada limas segitiga yang memiliki sisi-sisi berbentuk sigitiga sama sisi, maka limas tersebut disebut dengan limas segitiga beraturan.

Sifat-sifat limas segi empat

Sekarang perhatikan pula limas segi empat E.ABCD tersebut di atas (b). Dari gamber tersebut di atas dapat dilihat bahwa limas segi empat memiliki alas berbentuk segi empat (persegi atau persegi panjang).

Sesuai dengan sifatnya, setiap diagonal segi empat (persegi dan persegi panjang) memiliki ukuran yang sama panjang.

Jadi, limas segiempat memiliki diagonal alas yang sama panjang. Perhatikan Gambar limas segi empat E.ABCD (b) tersebut di atas, panjang diagonal alas AC dan BD memiliki ukuran yang sama panjang.

Demikian sifat-sifat pada limas segi tiga dan limas segi empat, untuk limas jenis yang lain juga memiliki sifat yang berbeda dengan kedua contoh di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel